Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komen yang bermutu, sharing blog ini ke sosial media, dan meletakkan link-nya! Mari budayakan bertukar link dan e-Halo.

Jumat, 25 Mei 2012

Seberapa Penting Rasa Bersyukur Bagi Kita ?

Mengucapkan rasa bersyukur tidak hanya akan membuat kita menjadi lebih sehat dan bahagia, itu akan mengubah cara kita memandang segala sesuatu dalam kehidupan. Orang yang berbahagia memusatkan perhatian mereka terutama pada orang lain; orang-orang yang tidak berbahagia memusatkan perhatian pada diri sendiri dan berkubang pada rasa kasihan pada diri sendiri dan dalam keragu-raguan. Orang-orang yang bersyukur akan lebih optimis dan akan melihat segala sesuatu dimana mereka berada sebagai suatu kesempaan untuk mendatangkan kebaikan.

Pertanyaannya adalah seberapa penting rasa bersyukur bagi kita ? Mengapa kita harus mempunyai rasa bersyukur? Apakah rasa bersyukur dapat membuat kita menjadi lebih baik ? bersyukurkah kita dengan pengetahuan dan keterampilan, pekerjaan dan materi yang kita miliki saat ini? Bersyukur kah kita dengan keberhasilan-keberhasilan yang sudah kita peroleh ? bersyukurkah kita memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia, tetangga, teman-teman dan sahabat-sahabat yang baik dan tulus, dan masih banyak pertanyaan lainnya di dalam kepala. Tetapi pahamilah bahwa dari semua sikap yang dapat kita peroleh, sudah tentu sikap bersyukur adalah yang terpenting dan sikap yang paling mengubah kehidupan.

Mari kita simak metofora dalam sebuah cerita pendek di bawah ini :

Dikisahkan seorg petani miskin memiliki seekor kuda putih yg sangat cantik & gagah. Suatu ketika, ada seorang saudagar kaya raya ingin membeli kuda itu & menawarkan harga yg sangat tinggi. Sayang si petani miskin itu tidak berkeinginan menjualnya. Teman-teman dan tetangganya menyayangkan dan mengejeknya, karena tidak mau menjual kudanya tersebut.

Keesokan hari nya, kuda itu hilang dari kandangnya. Maka tetangga dan teman-temannya berkata : sungguh jelek nasibmu, padahal kalau kau kemarin di jual kamu bisa menjadi orang kaya, sekarang kudamu sudah hilang. Si petani miskin hanya diam membisu saja.

Beberapa hari kemudian, kuda si petani kembali bersama 5 ekor kuda lainnya. Lalu tetangga dan teman-temannya berkata : wah beruntung sekali nasibmu, ternyata kudamu membawa keberuntungan. Si petani hanya diam seribu bahasa saja.

Beberapa hari kemudian, anak si petani yg sedang melatih kuda-kuda baru mereka terjatuh dan kakinya patah. Tetangga dan teman-temannya, berujar : rupanya kuda-kuda itu membawa sial, lihat sekarang anakmu kakinya patah. Si petani tetap diam tanpa komentar.

Seminggu kemudian terjadi peperangan di wilayah itu, semua anak muda di desa dipaksa utk berperang, kecuali si anak petani, karena tidak bisa berjalan. Tetangga dan teman-temannya mendatangi si petani sambil menangis : ”beruntung sekali nasibmu, karena anakmu tidak ikut berperang, kami harus kehilangan anak-anak kami”

Si petani kemudian berkomentar : Janganlah terlalu cepat membuat kesimpulan dengan  mengatakan nasib baik atau jelek, semuanya adalah suatu rangkaian proses. Bersyukur & terimalah keadaan yg terjadi saat ini, apa yg kelihatan baik hari ini belum tentu baik untuk hari esok. Apa yg buruk hari ini belum tentu buruk untuk hari esok.

Tetapi yg PASTI : Tuhan paling tahu yg terbaik buat kita.. Bagian kita adalah : "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Tuhan di dalam hidup kita,dengan usaha semaksimal mungkin"..

(Yang Pasti, aku bangga dan sangat bersyukur memiliki orang tua, istri, mertua, saudara2, tetangga, teman2, dan sahabat2  yang  Hebat -
Mohamad ”BEAR” Yunus)

Have a positive day!

Salam, Mohamad “Bear” Yunus
Sr. HRD Manager of Pharmaceutical Company
Certified Hypnosis and Hypnotherapy
Sertifikasi Pengurus Dana Pensiun
Certified Professional Human Resources
Certified Coaching and Mentoring
Licensed Practitioner of Neuro-Linguistic Programming™ (from co-creator NLP, Dr. Richard Bandler)
Licensed Master Practitioner of Neuro-Linguistic Programming™ (from co-creator NLP, Dr. Richard Bandler)
Licensed Hypnotic Practitioner™ (from co-creator NLP, Dr. Richard Bandler) As a Hypnotherapist
Certified “Communication Expert”
Certified “Life Coach” "Kita-lah yang menciptakan realita kita sendiri"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar